29 Tahun Jalan Poros Bimorjaya Rusak Parah, Bupati Morut Diminta Lakukan Perbaikan

    29 Tahun Jalan Poros Bimorjaya Rusak Parah, Bupati Morut Diminta Lakukan Perbaikan
    Tampak jalan poros Bimorjaya Mirip Kubangan Kerbau

    MORUT, Indonesiasatu.com - Sungguh sangat memprihatikan, jalan poros Desa Bimorjaya, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Propinsi Sulawesi Tengah, kondisinya rusak parah.

    Padahal jalan ini merupakan akses jalan poros penghubung Desa Bimorjaya - Mohoni, yang digunakan warga dalam beraktivitas sehari-hari maupun untuk urusan kepentingan lain keluar desa tersebut.

    Yang lebih memprihatinkan lagi, Kondisi jalan rusak ini sudah 29 tahun dibiarkan, sejak warga eks Transmigrasi tahun 1993 ke Desa Bimorjaya.

    Desa Bimorjaya berpenduduk 220 KK dengan jumlah jiwa 900 jiwa, dimana aktivitas sehari-hari warga pada umumnya bercocok tanam perkebunan kelapa sawit.

    Rusaknya akses jalan poros yang menghubungkan Desa Bimorjaya ke Desa Mohoni, sering membuat pengendara ataupun warga pengguna jalan mengalami kecelakaan akibat banyaknya jalan berlubang.  "Akibat jalan yang rusak parah itu,  mengakibatkan sering terjadi kecelakaan baik kendaraan roda dua maupun roda empat, " ungkap Jernias salah satu tokoh masyarakat.  Senada penyampaian Ketua Dewan adat Bimorjaya, Nehemia Tangpali mengatakan bahwa dampak rusaknya akses jalan poros tersebut, pada waktu  tahun 2016. Saat itu marak kendaraan pengolah kayu, dengan muatan berat menyebabkan struktur jalan berangsur - angsur rusak seperti kondisi saat ini.

    "Itu yang memperparah kondisi jalan tersebut, akibatnya kami warga yang merasakan dampaknya, " tutur Nehemia  Tangpali, Ketua Dewan adat Bimorjaya, kepada wartawan media ini, Rabu (22/06/2022).

    Lanjutnya, sebagai masyarakat Desa Bimorjaya sangat menyesalkan hal ini. Sejak ditempatkan Pemerintah sebagai Desa Transmigrasi tahun 1993 sampai saat ini jalan poros ini belum pernah tersentuh bantuan perbaikan jalan dari pihak manapun.

    "Dari tahun 1993, sejak awal transmigrasi Desa Bimorjaya belum pernah ada itu perbaikan dari pihak manapun. Jadi, Sudah 29 tahun ini hingga sekarang 2022 begitu terus kondisinya, " tandas Nehemia.

    Halnya tersebut dibenarkan I Putu Panji Rama Nugraha, mantan Kades Bimorjaya, yang juga merupakan salah satu tokoh masyarakat membenarkan apa yang menjadi keluhan masyarakat Desa Bimorjaya.

    "Benar itu, Akses jalan poros rusak parah itu, sudah puluhan tahun belum pernah tersentuh bantuan dari pihak manapun, " tuturnya dengan nada penuh kesal.

    Dikatakannya, pada setiap pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati maupun Legislatif jalan ini sering dilalui. Sehingga, muncul pertanyaan apakah karena dukungan masyarakat salah satu calon kepala daerah kurang signifikan  ( maksimal), termasuk anggota DPRD sehingga akses jalan desa Bimor Jaya tidak disentuh bantuan...?   Seharusnya Pemda Morut lebih peka terhadap kondisi yang terjadi di masyarakat secara khusus Dinas terkait yang membidangi sarana prasarana jalan antar desa sehingga aktivitas masyarakat berjalan lancar. Menurutnya, jalan adalah salah satu urat nadi yang sangat menentukan majunya pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan. Hambatan masyarakat saat ini, kendaraan yang mengangkut buah sawit ke pabrik sering terhambat dan tertahan berjam - jam, untuk bisa lolos buah sawit tersebut harus di turunkan sebagian sehingga mobil bisa lolos,  

    Jika kondisi jalan normal waktu jarak tempuh 9 km dari Desa Bimorjaya ke Desa Mohoni hanya 15 menit, tapi karena kondisi jalan rusak waktu tempuh menjadi 30 menit. Saat ini untuk memasarkan hasil panen sawit ke pabrik, kendaraan pengangkut buah sering mengalami hambatan/ kesulitan melewati jalan tersebut, karena  jalan berlubang murip kubangan kerbau, membuat mobil kerap tertanam sampai berjam - jam.

    Atas hal itu, Dia menilai visi misi Bupati Morut, Sehat Cerdas Sejatera ( SCS) masih jauh dari harapan masyarakat. Sebab, sejak masa kepemimpinannya sebagai kepala Desa Bimorjaya (2017 - 2022) belum pernah mendapat sentuhan / bantuan dari Pemkab Morut.

    Olehnya, atas nama masyarakat Desa Bimorjaya meminta kepada Bupati Morut, Delis J. Hehi memperhatikan apa yang menjadi keluhan masyarakat.

    "Kami berharap Pak Bupati Morut segera menindaklanjuti kondisi jalan tersebut, jangan sampai ada korban lagi yang lebih banyak akibat jalan rusak itu, " pinta I Putu Panji Rama, sembari berharap agar Bupati Delis segera mungkin memerintahkan OPD terkait.

    Terkait hal tersebut, Dinas PU Morut belum berhasil dikonfirmasi sampai berita ini dipublis. Nantikan berita selanjutnya...

    ( Apri Kelo)

    MORUT Sulawesi tengah
    Patar Jup Jun

    Patar Jup Jun

    Artikel Sebelumnya

    Jelang Hut Bhayangkara Ke-76, Polres Morut...

    Artikel Berikutnya

    Menyambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Jelang KTT WWF, Panglima TNI Siapkan Rencana Pengamanan Terpadu
    Menhan Prabowo Sambut Kunjungan Menhan Malaysia, Jalin Kerja Sama Lebih Erat di Bidang Pertahanan
    Polri Beberkan Langkah Kesiapan dalam World Water Forum di Bali
    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    Masyarakat Morowali Dorong Pj Bupati Rachmansyah Ismail Maju Pilkada 2024
    Maju Pilbup Morowali, Rachmansyah Ismail Diprediksi Bakal Diusung Min 3 Partai Termasuk Demokrat dan Gerindra
    Pengumuman: Telah Dibuka Pendaftaran Calon Taruna Akpol Tahun 2024 Tanpa Dipungut Biaya Alias Gratis 
    Terkesima Lihat Potensi Atlet Taekwondo di Poso, Danrem 132/Tdl : Kita Optimis Mendulang Emas Pada PON XXI Aceh-Sumut
    Jumat Berkah Korem 132/Tdl: Sebaik-Baik Manusia Adalah Yang Paling Banyak Manfaatnya Bagi Manusia
    Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Luwu Timur, Bupati: Simbol Kemajuan dan Kesejahteraan Bagi Masyarakat
    Pj Gubernur Sulsel Apresiasi PT Vale atas Dukungan Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan
    Bukber dan Silaturahmi, IBR Kemukakan Komitmennya Majukan Pendidikan ke Mahasiswa Morowali di Kendari
    Pj Bupati Rachmansyah Ismail Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Aula Polres Morowali sekaligus Bukber 
    Solidaritas Forkopimda Sulteng, Danrem 132/Tdl : Kebersamaan Menguatkan Sinergi Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat 
    Brigjen TNI Dody Triwinarto: Atlet Taekwondo Bermental Juara Sudah Pasti Punya Mental Bertanding 
    Kantor ATR/BPN Morowali Serasa Hotel Bintang Lima, Bikin Betah Didalamnya Dihiasi Ornamen Unik dan Menarik
    PT Vale Sinergi Pemda Lutim Tanam Pohon di Areal Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan
    Bagian dari Program PPM Dukungan SDGs Desa, PT Vale Dukung Pelatihan Keterampilan di Desa Pasi-pasi Malili
    Berdedikasi Tinggi, Aipda Syahril SH Bhabinkamtibmas Polsek Bahodopi Terima Penghargaan Dari Kapolda Sulteng

    Ikuti Kami